Headline News

Peringatan Hari Air Sedunia di Tangsel : Waters and Jobs

World Water Day atau Hari Air Sedunia adalah perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, peringatan ini pertama kali diumumkan pada siding umum PBB ke-47 pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Peringatan hari air ini mulai pada tahun 1993 dengan tujuan memotivasi publik untuk memberikan dukungannya dalam konservasi air dengan mengurangi penggunaan air sepanjang hari.

Setiap tahunnya Hari Air Sedunia ini mengusung tema-tema khusus, sebagai contoh pada tahun 2009 dengan tema “Shared water, shared opportunities” atau “Air Bersama, Peluang Bersama”. Nah, di tahun 2016 ini Hari Air Sedunia di bertema Waters and Jobs.

PBB bersama anggota Negara yang merayakan kampanye ini menerapkan rekomendasi dari PBB untuk mempromosikan konservasi air secara global melalui kegiatan yang nyata. Kampanye ini secara khusus dipromosikan oleh salah satu badan PBB setiap tahun dengan melibatkan masyarakat untuk mendengarkan dan memahami tentang masalah air serta koordinasi dengan kegiatan internasional untuk Hari Air Dunia. Sejak awal perayaan acara ini, UN-Water telah bertanggung jawab untuk memilih tema dari World Water Day, serta menyampaikan pesan global dan memimpin Badan PBB untuk merayakan World Water Day.

Negara-negara anggota PBB dan berbagai LSM serta organisasi non pemerintah juga terlibat dalam gerakan promosi konservasi air bersih yang memfokuskan pada perhatian publik terhadap isu-isu kritis air. Pada tahun 2016, tema Hari Air Sedunia ialah “Water and Jobs” atau “Air dan Pekerjaan”. Soalnya, hampir setengah dari jumlah pekerja di dunia sebesar 1,5 miliyar orang bekerja di dalam pekerjaan yang memiliki hubungannya dengan air dan hampir seluruh pekerjaan bergantung pada air. Namun, dari jutaan orang yang bekerja di dalam bidang yang memiliki kaitannya dengan air sering kali tidak mendapatkan pengakuan atau perlindungan dari hak dasar sebagi buruh.

Tema pada tahun 2016, memperlihatkan bagaimana kuantitas dan kualitas air yang cukup dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian, bahkan mengubah keadaan masyarakat serta ekonomi. Logo dan tema Hari Air Sedunia 2016 ini memfokuskan pada kualitas dan kuantitas air yang akan dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian buruh. Bahkan mampu mempengaruhi masyarakat dan perekonomian dunia. Sementara pada sisi lain harus dilakukan langkah-langkah antisipasi yang lebih cermat mengingat pada tahun 2050 diprediksi populasi penduduk bumi akan meningkat hingga 35%.

Di Kota Tangerang Selatan puncak Peringatan Hari Air Sedunia digelar di tandon Ciater, Serpong pada Jum'at, 15 April 2016. Pada kegiatan ini ratusan masyarakat menghadiri kegiatan yang di pimpin Walikota Airin Rachmi Diany, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane Ciliwung pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU PR) Teuku Iskandar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Airi Kota Tangsel Retno Prawati mengatakan tujuan diselenggarakan peringatan ini untuk menumbuhkan kembali partisipasi masyarakat dalam melestarikan, menjaga dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya peran air dalam kehidupan. “Kita harus sadar pentingnya air dalam kehidupan. Air adalah sumber dari kehidupan yang membuat dan menjadikan adanya kebutuhan manusia itu sendiri. Oleh karena itu pada peringatan ini kami memacu pada setiap elemen untuk peduli air,” katanya.

Walikota Airin Rachmi Diany berharap setiap elemen memperhatikan lingkungan dari tempat tinggal atau lingkungan terdekatnya dengan mulai bersih-bersih seperti terhadap selokan air. “Saya apresiasi dengan elemen masyarakat yang sudah mulai menggiatkan bersih-bersih yang dimulai dari selokan-selokan air di depan rumah masing-masing. Kegiatan itu berharap dapat berlangsung selamanya. Mari peduli air!,” ujar Walikota Airin.

Peringatan Hari Air Dunia juga diramaikan dengan penampilan kesenian tari, atraksi pencak silat, loma menggambar dan paduan suara dari Darma Wanita Dirjen Sumber Daya Air Pekerjaan Umum. (bpti-ts3)