Headline News

Cegah Kanker Serviks dan Kanker Payudara Sejak Dini

CIPUTAT, WEB TANGSEL - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Aula Pemkot Tangsel, Ciputat pada Selasa, 16 Mei 2017. Kegiatan ini dihadiri ratusan ibu-ibu dari TP PKK dan Darma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangsel.

"Kerjasama IDI dengan DWP dan PKK tidak berhenti dihari ini saja. Kedepan kita akan bekerjasama untuk memfasilitasi pemeriksaan Kanker Serviks dan Kanker Payudara," kata Ketua IDI Kota Tangsel Imbar Umar Gazali.

Menurutnya, kedepan akan ada kerjasama lagi dengan tema yang berbeda. Pihaknya tidak ingin hanya sekali menyelenggarakan kegiatan. Karena ini potensi yang cukup baik untuk memperhatikan kesehatan para wanita.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyatakan kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat untuk pengetahuan terhadap kesehatan wanita.

"Sebagai wanita kita harus peduli dan memperhatikan terhadap kanker serviks dan kanker payudara. Sosialisasi ini menjadi hal penting untuk mengingatkan kita," terang walikota.

Terkadang wanita lupa mengecek diri sendiri, sehingga lupa akan kesehatan diri. Padahal yang terpenting adalah mencegah dari pada mengobati.

"Kita harus rutin untuk mengecek diri kita sendiri dengan pap smear minimal satu tahun sekali. Untuk mengecek payudara bisa dengan diri sendiri menggunakan teknik sadari," jelasnya.

Menurut Walikota Airin, yang paling adalah menjaga pola hidup. Belajar disiplin dengan pola hidup sehat.

Sementara Direktur RSU Kota Tangsel Suhara Manullang menuturkan, jika masyarakat yang terindikasi mengidap kanker serviks atau kanker payudara bisa melakukan pemeriksaan di RSU.

"Kami hanya sebatas pemeriksaan dan mendiagnosa jika positif selanjutnya kami rujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi atau ke pusat kanker, " jelasnya. (Diskominfo-ts1)