Headline News

Empat Kelurahan Ikuti Lomba Kelurahan Layak Anak

 

CIPUTAT, WEB TANGSEL- Empat kelurahan di Tangsel, ikuti lomba kelurahan layak anak tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) pada Senin, 22/5/2017.

Pernilaian lomba dilakukan di empat Kelurahan yakni Kelurahan Sawah Baru, Kelurahan Ciputat, Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kelurahan Pamulang Timur. Penilaian melibatkan dari tim DPMP3AKB, Dinas Kesehatan dan Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMP3AKB Kota Tangsel Khairati menjelaskan, penilaian lomba kelurahan ramah anak ini adalah untuk mendukung dan mempercepat Tangsel menuju Kota Layak Anak (KLA). Selain itu agar terwujudnya jaminan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, sehingga anak merasa aman, dan nyaman tinggal dilingkungan sekitarnya.

“Ada empat Kelurahan yang mewakili kecamatan di Tangsel yang dinilai, kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Pondok Cabe Udik, Pamulang Timur, merupakan pilihan dari kecamatan masing-masing untuk diikut sertakan dalam lomba tingkat tangsel ini,” ungkapnya.

Pengumuman lomba akan dilakukan, Selasa (23/5), dan pemenang ini akan mewakili Tangsel di tingkat Provinsi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Tangsel Iin Sofiwati mengatakan, ada enam poin penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan hasil kelurahan layak anak. Di antaranya, penguatan kelembagaan, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan alternatif, bina balita, kesediaan sarana dan prasarana, pemanfaatan waktu, perlindungan khusus, dan siaga bencana.

“Enam poin itu yang kita nilai, tidak hanya sarana prasarana kelurahan saja, namun juga fasilitas penunjang lainnya seperti puskesmas, UKS, masjid, dan sarana umum lainnya,” ucapnya.

Iin menjelaskan, dari empat kelurahan yang dinilai, semua memenuhi syarat. Namun ada beberapa kriteria yang kurang, seperti di Sawah Baru kurang ada sarana bermain untuk anak. Dan selebihnya bagus untuk kelengkapan data.

Sementara Lurah Ciputat Cecep Iswadi, menyambut baik dengan adanya penilaian ini. “Kita sudah melengkapi sarana prasarana penunjang yang dibutuhkan dalam penilaian lomba, seperti sarana bermain anak, pojok laktasi dan sebagainya,” ujarnya.

Dirinya optimis, bisa lanjut menang di tingkat Tangsel, dan bisa mewakili Tangsel ditingkat Provinsi. (Kominfo-ts3)