Headline News

Tahun Ini Pemkot Pasang Dua ATCS

 

SERPONG, WEB TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memasang dua Area Traffic Control System (ATCS).

Hal ini diungkapkan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, saat melakukan pengecekan ATCS di Kantor Dishub, Serpong. Menurutnya, ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

“Tahun 2016, Dishub sudah memasang tiga ATCS, yakni di Simpang Alam Sutera, Simpang Gading Serpong dan Simpang German Center dan untuk tahun ini bertambah menjadi dua,” ungkapnya.

Airin menjelaskan, untuk titik ATCS yang dibangun tahun ini sedang dibahas. Apakah akan dipasang di Simpang Maruga, Simpang Ciater, Simpang Muncul atau Simpang Sinarmas World Academy. “Kita masih membahas lokasi titik yang akan dipasang, dan berkordinasi dengan Kasatlantas untuk lokasi titik tersebut,” katanya.

Kata Walikota, Sistem yang diterapkan lewat ATCS itu, yakni pemantauan jarak jauh melalui ruang kendali di kantor Dishubkominfo Kota Tangsel. Di titik yang dipasangi ATCS itu, dilengkapi kamera closed circuit television (CCTv) yang memantau secara real time kondisi lalu lintas.

“Sebetulnya ini untuk mempercepat penanganan kemacetan. Jadi, ketika kondisi macet parah yang terpantau melalui ruang kendali, kita bisa langsung melakukan penanganan. Kamera CCTv pun bisa diputar 360 derajat, jadi terpantau semua di titik itu,” terangnya.

Sementara Kepala Dishub Sukanta menjelaskan, teknologi ATCS ini sejalan dengan cita-cita Kota Tangsel menjadi smart city. “Sesuai arahan Bu Wali (Airin Rachmi Diany) dan memang sudah masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Dengan adanya ATCS, sambug Sukanta tidak hanya untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas, ATCS ini pun bisa membantu pihak kepolisian untuk memantau tindak kriminalitas di Jalan raya. “Kita bisa liat aksi kriminalitas di jalan raya dan bisa kita cegah aksi kejahatan tersebut dengan system ini serta kita bisa memberikan rasa aman dan nyaman, karena jalanan di Tangsel terkontrol di satu system,” jelasnya. (Diskominfo ts3)